Perbedaan Blog dan Website

Mungkin para blogger yang selama ini ngeblog mungkin tidak terlalu memperhatikan hal yang satu ini yaitu apa Perbedaan Blog dan Website, karena sebetulnya ada lho Perbedaan antara Blog dan Website itu, Nah untuk jelasnya silakan baca keterangannya di bawah menurut bahasa seorang blogger newbi.

Keterangan ini merupakan kebalikan dari website.

- Blog mempunyai artikel yang diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan. Hal ini merupakan warisan dari aspek jurnal / diary online untuk blog. Sebelum menjadi bentuk yang sekarang ini, blog merupakan online diary, tempat publisher memajang aktifitasnya. Dan diary, sudah barang tentu diurutkan berdasarkan urutan waktu.

- Blog sangat Mudah dalam menulis artikel yang baru, dan biasanya blog mempunyai “dashboard”/back-end untuk mengatur artikel yang mudah digunakan, oleh pengguna internet awam sekalipun. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.

- Artikel di blog dapat diupdate secara rutin dan dalam hal ini, untuk sebuah blog yang dirawat dengan baik. Jika hal ini dapat dijalankan bisa membuat pengunjung selalu kembali untuk mendapatkan berita terbaru dari blog anda.

- Memungkinkan para pengunjung untuk meninggalkan komentar,Hal ini menciptakan banyak perbedaan. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana.

Dan yang membuat perbedaan yang mencolok adalah wadah percakapan. Berkaitan dengan semua poin diatas. Blog bukan hanya sedekedar memberikan informasi pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.

Jika penjelasan tersebut di atas kurang tepat maafkan saja, karena itu merupakan pendapat pribadi dari seorang blogger newbi.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

dan ini juga yang menyebabkan website pribadi biasanya hanya heboh di saat2 pertama, tapi 3-4 tahun mendatang tidak lagi diminati orang2.

Kecuali...kalo selalu ada informasi terbaru seperti yang disajikan blog

Teguh Iman Prasetya mengatakan...

Bagus sekali mungkin karena blog lebih familiar dlm hal aplikasi diskusi, tetapi rasanya ini juga sudah mulai diatasi oleh master seleb di web site agar lebih komunikatif. Lihat saja ruanghati.com bukan main dalam hal gaya menulis, komunikasi dua arah dan tool cyber yang digunakan.

Dahulu cyber ditakuti akan membunuh peradaban yang pertama, membunuh filsafat dan spiritual
kedua, kebebasan tanpa batas (savage society)
ketiga, keterasingan (alienasi) manusia
keempat, neoliberalisme yang kebablasan
kelima, batas geografis negara yang semakin lemah
keenam, arus informasi yang terlalu cepat menimbulkan gegar budaya

Nyatanya sekarang justru terjadi perimbangan dan keseimbangan bahkan boleh dikatakan untuk dimanfaatkan sebaliknya.

Disinilah letak peran pertarungan intelektualitas, kecerdasan, dan hukum ekonomi yang positif.



Cybersocialnetwork

Toni mengatakan...

Kalau website biasanya untuk profil perusahaan. Nice post,...

hassim mengatakan...

kalo portal gimana ?

Anonim mengatakan...

sipp kakak.. walaupun agak sulit mencerna, tapi dikit2 Rien ngerti :D

Tips NgeBlog ala MasEDI mengatakan...

gak juga, banyak portal2 website yg menyediakan komunikasi dua arah, spt postnuke, phpnuke, joomla yg pd mulanya mreka adlh portal website.
mnrt saya yg lbh membedakan antara blog dan website adlh content-nya itu, pd awal mulanya blog adalah biography log kmpulan cttan diary pemilik blog, sdngkan website isinya sptr kmpulan informasi dr suatu instansi, komunitas atau perusahaan trtentu.

namum skrng antr blog dan website sdh hampir tdk ada perbedaannya, kduanya bahkan melebur mjd weblog (website blog).

Dukung saya di Kerja Keras Adalah Energi Kita

Gaemgyu Holic mengatakan...

wah wahh.. saya masih pusing nih perbedaan blog dan website... tolong ada yg bisa bantu...^^

Posting Komentar

 
 
 

SEO Tutorial | Blogger

 
Using Jasa Seo Indonesia.